Jumat, 14 Februari 2014

Seni Memahat Batu

22.00

Seni pahat adalah cabang seni rupa yang hasil karyanya berwujud tiga dimensi. Biasanya diciptakan dengan cara memahat, modeling (misalnya dengan bahan tanah liat) atau kasting (dengan cetakan). Namun seiring perkembangannya tidak hanya tanah liat saja yang dipahat. Namun seni pahat bisa diaplikasikan dalam begitu banyak media diantaranya adalah batu. Seni pahat batu inilah yang kini banyak dikembangkan di daerah Gunungkidul.



Gunungkidul merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Daerah Istimewa Yogyakarta. Gunungkidul merupakan daerah tandus yang tanahnya mengandung batu putih, di daerah ini kita bisa menjumpai gunung-gunung batu yang banyak. Kondisi yang seperti ini membuat warga yang berada di Daerah Gunungkidul berpikir untuk melakukan sesuatu. Salah satunya yakni membuat kerajinan dengan teknik memahat.
Seni pahat batu ini sekarang tidak hanya bmenjadi perwujudan seni namun mampu menjadi mata pencaharian yang berprospek tinggi. Para pengrajin batu yang menghasilkan pahatan batu berupa patung maupun ornamen di Gunungkidul ini sekarang semakin maju dan memiliki kesejahteraan hidup yang cukup baik. Mereka bahkan mampu menjual produk pahatannya hingga ke luar negri. 
Pengrajin batu di Gunungkidul kini jumlahnya semakin banyak dan tersebar di berbagai kecamatan. Diantaranya adalah Kecamatan Semin, Semanu, Ponjong, Karangmojo, dan Wonosari. Masing-masing pengrajin memiliki keunikanya tersendiri sehingga tidak menimbulkan persaingan yang berarti diantara pengrajin batu tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

 

© 2013 KERAJINAN GUNUNGKIDUL. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top