Senin, 10 Juni 2013

Kerajinan Batu Ornamen

16.52

Gunungkidul adalah daerah dataran tinggi yang dipenuhi dengan pegunungan kapur. Kraetivitas warga masyarakat Gunungkidul akhirnya memunculkan produk dari batu yang sangan menarik. Batu kapur kini memiliki nilai jual yang tinggi karena telah diolah menjadi berbagai macam jenis ornamen untuk bangunan rumah, seperti relief, ornament, roster (ventilasi), pot lampion, patung dan hiasan taman. 

Kreativitas dalam mengkreasikan batu kapur tersebut dapat ditemukan salah satunya di Sentra Kerajinan Batu Mojo. Lokasi sentra berada di Dusun Mojo, Ngeposari, Semanu, Gunungkidul, terletak kurang lebih 8Km dari Kota Wonosari atau kurang lebih 3Km dari Kota Kecamatan Semanu, dan dapat diakses menggunakan kendaraan roda 2 (dua) maupun kendaraan roda 4 (empat) karena akses jalan menuju Desa Wisata Mojo telah beraspal mulus. Hampir di sepanjang jalan Dusun Mojo terdapat pengrajin batu yang juga mendisplay produknya di sekitaran jalan tersebut.

Produk yang dihasilkan telah mampu memenuhi pesanan lokal maupun ekspor, jadi masalah kualitas sudah tidak diragukan lagi.

0 komentar:

Posting Komentar

 

© 2013 KERAJINAN GUNUNGKIDUL. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top